Rabu, 16 Januari 2013

Menulis dengan LaTex di Blogspot

Saya mulai membangun blog matematika di wordpress.com (http://qedems.wordpress.com/) sejak 2010. Secara otodidak saya berusaha untuk dapat menuliskan pernyataan-pernyataan, lambang, dan rumus matematika ke dalam tulisan di blog. Akhirnya saya pun menggunakan cara seperti yang sering disarankan oleh para penulis blog, yaitu dengan memanfaatkan Online LaTex Equation Editor. Sayangnya, kode HTML yang disalin dan dimuat ke dalam tulisan di blog itu menghasilkan gambar (image) dan terikat pada sumber asalnya di CodeCogs. Hal ini tidak memuaskan saya.
Merasa tertantang akhirnya saya pun memulai penjelajahan, mencari tahu dan mempelajari LaTex, dan menelisik fitur di wordpress.com tentang LaTex. Alhamdulillah, atas rujukan pada salah satu situs rekan blogger (saya sudah lupa alamatnya) yang memberikan semacam tutorial tentang cara menulis LaTex di wordpress.com akhirnya saya pun berhasil melakukannya.


Seiring waktu dan bertambahnya pengalaman, saya berhasrat untuk mendapatkan Adsense Google. Atas dasar itulah saya membuat blog lagi di Blogspot (http://matematikasiswa.blogspot.com/). Pertimbangan lainnya, karena Blogspot dapat menerima kode javascript, selain gratis pula.  Tetapi … bagaimana ya cara menuliskan LaTex di Blogspot?
Nah, tantangan lagi! Bersyukur, setelah melampaui sekian waktu, saya mendapatkan sumber referensi yang tepat. Berikut ini saya paparkan caranya:
1.       Saya asumsikan Anda telah memiliki blog di Blogspot.
2.   Buatlah situs Google untuk menyimpan file yang akan Anda gunakan. 
      Silakan mendaftar di https://sites.google.com bila belum memilikinya.
3.  Agar dapat menggunakan LaTex maka Anda harus memiliki file javascript yang diperlukan. Silakan unduh: https://sites.google.com/site/psychgeom/psychgeom/Psychedelic-mathtex.js?attredirects=0&d=1.
4.      Sebaiknya gantilah nama file tersebut sesuai dengan nama yang Anda inginkan. Anggaplah namanya mylatex.js.
5.  Unggah file itu ke akun situs Google yang telah Anda buat pada langkah 2 di atas, lalu salin link url dari file tersebut.
6. Sekarang bukalah dashboard Blogspot Anda. Klik Layout>Add a Gadget>HTML/JavaScript, namai LaTex, misalnya>salin kode HTML berikut ini dan gantilah teks berwarna merah dengan link url tadi.
kODE: Salin sEmua
“<script src="tuliskan link url tadi di sini" type="text/javascript"></script>
<script type="text/javascript">
replaceMath( document.body );</script>”
7.      Demikianlah selamat menulis LaTex di Blogspot! (Jangan lupa, belajarlah tentang sintaks dalam menulis LaTex.)

Berikut ini contoh tulisan dengan menggunakan LaTex (setelah saya melakukan semua langkah tersebut di blog ini):
$latex Hitunglah\ \int \limits_{1}^{2} (16-7x)^3\ dx.$

-->

1 komentar:

  1. Ada cara lain supaya gak terikat dengan CodeCogs:
    1) gunakan layanan http://atomurl.net/math/ Copy paste file gambarnya. Gambar tsb tersimpan di server google.
    2) Tetap gunakan http://www.codecogs.com/latex/eqneditor.php. Unduh file gambarnya. Upload gambar seperti biasa.

    BalasHapus

520097_MizunoUSA.com! Shop Mizuno Running! Never Settle!