Jumat, 11 Januari 2013
Workshop 4 – Memindahkan (Translating) Gambar
Dalam kegiatan ini Anda akan menggunakan alat-alat berikut. Pastikan Anda tahu cara menggunakan setiap alat sebelum Anda memulai konstruksi.
Penggunaan Alat
Vector between Two Points
Petunjuk: Klik titik pangkal lalu klik titik ujung vektor.
Translate Object by Vector
Petunjuk: Klik objek yang akan dipindahkan lalu klik vektor translasi.
Persiapan
o Pastikan Anda memiliki file gambar yang tersimpan pada komputer Anda.
o Buka jendela GeoGebra baru.
o Alihkan menu ke Perspectives>Algebra & Graphics lalu tampilkan petak (grid).
o Pilih menu Options>Point Capturing>Fixed to Grid.
Langkah Konstruksi
Sisipkan gambar pada kuadran pertama.
Buatlah tiga buah titik melalui kotak input. A=(1,1), B=(3,1), dan D=(1,4).
Aturlah ketiga titik itu sebagai titik sudut pada gambar. A sebagai titik pertama, B sebagai titik kedua, dan D
sebagai titik keempat.
Petunjuk: Klik kanan pada gambar>Object Properties>Position>Corner, klik tab di sisi kanan lalu pilih titik yang
diminta.
Buatlah segitiga ABD.
Buatlah dua buah titik melalui kotak input, yaitu O=(0,0) dan P=(3,-2).
Buatlah vektor OP. Vektor ini bernama u.
Pindahkan (translate) gambar oleh vektor u.
Petunjuk: Anda dapat meredupkan bayangan dari gambar tersebut.
Pindahkan (translate) ketiga titik A, B, dan D oleh vektor u.
Buatlah segitiga A’B’D’.
Sembunyikan titik O agar tidak terpindahkan tanpa sengaja.
Ubahlah warna dan ukuran objek agar konstruksi Anda lebih menarik.
-->
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar