Jumat, 11 Januari 2013

Workshop 4 – Memindahkan (Translating) Gambar


Dalam kegiatan ini Anda akan menggunakan alat-alat berikut. Pastikan Anda tahu cara menggunakan setiap alat sebelum Anda memulai konstruksi.

Penggunaan Alat
Vector between Two Points
Petunjuk: Klik titik pangkal lalu klik titik ujung vektor.
Translate Object by Vector
Petunjuk: Klik objek yang akan dipindahkan lalu klik vektor translasi.


Persiapan
o  Pastikan Anda memiliki file gambar yang tersimpan pada komputer Anda.
o  Buka jendela GeoGebra baru.
o  Alihkan menu ke Perspectives>Algebra & Graphics lalu tampilkan petak (grid).
o  Pilih menu Options>Point Capturing>Fixed to Grid.


Langkah Konstruksi
  Sisipkan gambar pada kuadran pertama.


  Buatlah tiga buah titik melalui kotak input. A=(1,1), B=(3,1), dan D=(1,4).

Aturlah ketiga titik itu sebagai titik sudut pada gambar. A sebagai titik pertama, B sebagai titik kedua, dan D
                   sebagai titik keempat.
                   Petunjuk: Klik kanan pada gambar>Object Properties>Position>Corner, klik tab di sisi kanan lalu pilih titik yang
                   diminta.

 Buatlah segitiga ABD.
 Buatlah dua buah titik melalui kotak input, yaitu O=(0,0) dan P=(3,-2).
 Buatlah vektor OP. Vektor ini bernama u.
 Pindahkan (translate) gambar oleh vektor u.
 Petunjuk: Anda dapat meredupkan bayangan dari gambar tersebut.
 Pindahkan (translate) ketiga titik A, B, dan D oleh vektor u.
 Buatlah segitiga A’B’D’.
 Sembunyikan titik O agar tidak terpindahkan tanpa sengaja.

 Ubahlah warna dan ukuran objek agar konstruksi Anda lebih menarik.

-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

520097_MizunoUSA.com! Shop Mizuno Running! Never Settle!