o Rangkum sifat (properti) dari bangun (figure) geometris yang ingin Anda buat.
o Cobalah untuk mencari tahu manakah alat GeoGebra yang dapat digunakan untuk
membuat bangun dengan menggunakan beberapa sifat dari alat tersebut (misalnya,
sudut siku-siku dibuat dengan menggunakan Perpendicular Line).
o Pastikan, Anda tahu bagaimana menggunakan setiap alat sebelum Anda mulai
konstruksi. Jika Anda tidak tahu cara untuk mengoperasikan alat tertentu, aktifkan
(sorot) alat itu lalu bacalah bantuan toolbar.
o Untuk masing-masing kegiatan dasar, bukalah file GeoGebra baru, sembunyikan
jendela aljabar, kotak input, dan sumbu koordinat.
o Sebaiknya Anda menyimpan file Anda sebelum Anda memulai aktivitas baru.
o Jangan lupa tombol Undo dan Redo jika Anda membuat kesalahan.
o Sering-seringlah menggunakan alat Move untuk memeriksa konstruksi Anda (misalnya, apakah objek-objek itu benar-
benar telah terhubung, apakah Anda membuat objek-objek yang tidak perlu).
o Jika Anda masih memiliki pertanyaan, bertanyalah kepada rekan yang Anda anggap tahu.
Input Aljabar dan Perintah (Command)
o Menamai sebuah objek baru, tulislah nama= di depan pernyataan aljabar. Contoh: P=(3, 2) berarti membuat titik P.
o Perkalian harus dimasukkan (entered) dengan menggunakan tanda bintang (*) atau spasi antara faktor-faktornya.
Contoh: $latex \bf \color{blue}a*x$ atau $latex \bf \color{blue}a\ x$
o GeoGebra sangat sensitif, dengan demikian huruf besar dan kecil tidak boleh dicampuradukkan.
Catatan:
o Titik selalu dinamai dengan huruf besar.
Contoh: A=(1, 2)
o Ruas garis, garis, lingkaran, fungsi, dll, selalu dinamai dengan huruf kecil.
Contoh: lingkaran $latex \bf c:\ (x-2)^2+(y-1)^2=16$.
o Variabel $latex x$ dalam fungsi dan variabel $latex x$ dan $latex y$ dalam persamaan irisan kerucut harus selalu huruf kecil.
Contoh: $latex f(x)=3*x+2$
o Jika Anda ingin menggunakan objek dalam suatu pernyataan aljabar atau perintah, Anda harus membuat objek itu
(melalui kotak input) sebelum menggunakan namanya.
Contoh:
o $latex \bf \color{blue}y=m*x+b$ membuat garis dengan nilai koefisien $latex m$ dan $latex b$ yang sudah ada (misalnya, berupa nilai
bilangan/number atau slider).
o Line[A,B] membuat garis yang melalui titik A dan B.
o Tegaskan (konfirmasi) pernyataan yang Anda masukkan pada kotak input dengan menekan tombol ENTER.
o Buka jendela bantuan (help window) dalam penggunaan kotak input dan perintah (command) dengan mengklik kotak
Input Help di pojok kanan-bawah.
o Pesan kesalahan: Selalu membaca pesan - barangkali bisa membantu untuk memperbaiki masalah.
o Perintah (command) dapat diketikkan atau dipilih dari daftar dalam jendela Input Help.
Petunjuk: Jika Anda tidak tahu parameter mana yang diminta dalam tanda kurung dari jenis perintah tertentu, ketiklah
perintah itu seutuhnya lalu tekan tombol F1. Sebuah jendela pop-up akan muncul untuk menjelaskan sintaks dan
parameter yang diperlukan dalam perintah tersebut.
o Penyelesaian otomatis dari perintah (Automatic completion of commands): Setelah mengetikkan dua huruf pertama
dari perintah ke dalam kotak input, GeoGebra akan ‘memberitahukan’ perintah itu ‘selengkapnya’.
o Jika GeoGebra menunjukkan perintah yang diinginkan, tekan tombol ENTER untuk menempatkan kursor di dalam
tanda kurungnya.
o Jika perintah yang disarankan GeoGebra itu bukanlah satu-satunya dari perintah yang ingin Anda masukkan, teruslah
mengetik hingga ditemukan saran yang sesuai.
saya tidak dapat menemukan tanda kurung siku dan kurung kurawal pada geogebra< bisa bantu?
BalasHapus