Rabu, 02 Januari 2013

Workshop 2 – Tips dan Trik

Dasar penggunaan GeoGebra

o   Rangkum sifat (properti) dari bangun (figure) geometris yang ingin Anda buat.

o   Cobalah untuk mencari tahu manakah alat GeoGebra yang dapat digunakan untuk
     membuat bangun dengan menggunakan beberapa sifat dari alat tersebut (misalnya,
     sudut siku-siku dibuat dengan menggunakan Perpendicular Line).

o   Pastikan, Anda tahu bagaimana menggunakan setiap alat sebelum Anda mulai
     konstruksi. Jika Anda tidak tahu cara untuk mengoperasikan alat tertentu, aktifkan
     (sorot) alat itu lalu bacalah bantuan toolbar.

o   Untuk masing-masing kegiatan dasar, bukalah file GeoGebra baru, sembunyikan
     jendela aljabar, kotak input, dan sumbu koordinat.

o   Sebaiknya Anda menyimpan file Anda sebelum Anda memulai aktivitas baru.

o   Jangan lupa tombol Undo dan Redo jika Anda membuat kesalahan.

o   Sering-seringlah menggunakan alat Move untuk memeriksa konstruksi Anda (misalnya, apakah objek-objek itu benar-
     benar telah terhubung, apakah Anda membuat objek-objek yang tidak perlu).

o   Jika Anda masih memiliki pertanyaan, bertanyalah kepada rekan yang Anda anggap tahu.


Input Aljabar dan Perintah (Command)

o   Menamai sebuah objek baru, tulislah nama= di depan pernyataan aljabar. Contoh: P=(3, 2) berarti membuat titik P.

o   Perkalian harus dimasukkan (entered) dengan menggunakan tanda bintang (*) atau spasi antara faktor-faktornya.
     Contoh: $latex \bf \color{blue}a*x$ atau $latex \bf \color{blue}a\ x$

o   GeoGebra sangat sensitif, dengan demikian huruf besar dan kecil tidak boleh dicampuradukkan.
     Catatan:
     o   Titik selalu dinamai dengan huruf besar.
          Contoh: A=(1, 2)
     o   Ruas garis, garis, lingkaran, fungsi, dll, selalu dinamai dengan huruf kecil.
          Contoh: lingkaran $latex \bf c:\ (x-2)^2+(y-1)^2=16$.
     o   Variabel $latex x$ dalam fungsi dan variabel $latex x$ dan $latex y$ dalam persamaan irisan kerucut harus selalu huruf kecil.
          Contoh: $latex f(x)=3*x+2$

o   Jika Anda ingin menggunakan objek dalam suatu pernyataan aljabar atau perintah, Anda harus membuat objek itu
     (melalui kotak input) sebelum menggunakan namanya.
     Contoh:
     o  $latex \bf \color{blue}y=m*x+b$ membuat garis dengan nilai koefisien $latex m$ dan $latex b$ yang sudah ada (misalnya, berupa nilai
          bilangan/number atau slider).
     o   Line[A,B] membuat garis yang melalui titik A dan B.

o   Tegaskan (konfirmasi) pernyataan yang Anda masukkan pada kotak input dengan menekan tombol ENTER.

o   Buka jendela bantuan (help window) dalam penggunaan kotak input dan perintah (command) dengan mengklik kotak
     Input Help di pojok kanan-bawah.

o   Pesan kesalahan: Selalu membaca pesan - barangkali bisa membantu untuk memperbaiki masalah.

o   Perintah (command) dapat diketikkan atau dipilih dari daftar dalam jendela Input Help.
     Petunjuk: Jika Anda tidak tahu parameter mana yang diminta dalam tanda kurung dari jenis perintah tertentu, ketiklah
     perintah itu seutuhnya lalu tekan tombol F1. Sebuah jendela pop-up akan muncul untuk menjelaskan sintaks dan
     parameter yang diperlukan dalam perintah tersebut.

o   Penyelesaian otomatis dari perintah (Automatic completion of commands): Setelah mengetikkan dua huruf pertama
     dari perintah ke dalam kotak input, GeoGebra akan ‘memberitahukan’ perintah itu ‘selengkapnya’.
     o   Jika GeoGebra menunjukkan perintah yang diinginkan, tekan tombol ENTER untuk menempatkan kursor di dalam
          tanda kurungnya.
     o   Jika perintah yang disarankan GeoGebra itu bukanlah satu-satunya dari perintah yang ingin Anda masukkan, teruslah
          mengetik hingga ditemukan saran yang sesuai.

-->

1 komentar:

  1. saya tidak dapat menemukan tanda kurung siku dan kurung kurawal pada geogebra< bisa bantu?

    BalasHapus

520097_MizunoUSA.com! Shop Mizuno Running! Never Settle!