Klik tombol Play/Pause di pojok kiri-bawah
Petunjuk:
1.
Buka Geogebra, tampilkan jendela Aljabar dan sumbu
koordinat.
2.
Buatlah titik A pada titik asal (0, 0). Pilih Intersect Two
Objects lalu klik kedua sumbu koordinat.
3.
Buatlah lingkaran berpusat di A dan berjari-jari 3. Pilih
Circle with Centre through Point, klik A, lalu klik titik
(3, 0). Titik ini bernama B.
4.
Buatlah lingkaran berpusat di A dan berjari-jari 2. Pilih
Circle with Centre through Point, klik A, lalu klik titik (2,
0). Titik ini bernama C.
5. Dengan menggunakan Segment between Two Points
buatlah ruas garis AB, lalu sembunyikan kedua sumbu koordinat.
6. Titik B akan diputar terhadap A, maka buatlah slider. Pilih Slider>Angle>Name, tulislah p>Animation,
gantilah Speed dengan 3>Repeat, pilih Increasing>Apply.
7. Putarlah titik B terhadap A. Pilih Rotate Object around
Point by Angle lalu klik B, klik A, lalu pada kotak dialog
gantilah besar sudutnya dengan p dan pilih counterclockwise, lalu klik OK.
Oleh rotasi ini diperoleh titik B’.
8. Buatlah ruas garis AB’, lalu tentukan titik potongnya
terhadap lingkaran kedua. Titik ini bernama D.
9.
Sembunyikan semua objek ini: ruas garis AB’, lingkaran
kedua, ruas garis AB, titik A, B, dan C.
10. Buatlah ruas garis B’D, lalu buatlah lingkaran
berpusat di D dan melalui B’ dengan menggunakan Circle with Centre through
Point.
11. Titik B’ akan diputar terhadap D, maka buatlah slider. Pilih Slider>Angle>Name, tulislah q>Animation,
gantilah Speed dengan 9>Repeat, pilih Increasing>Apply.
12.
Putarlah titik B’ terhadap D. Pilih Rotate Object around
Point by Angle lalu klik B’, klik D, lalu pada kotak dialog
gantilah besar sudutnya dengan q dan pilih clockwise, lalu klik OK. Oleh
rotasi ini diperoleh titik B’’.
13.
Sembunyikan titik B’ lalu klik kanan titik B’’>Basic>centang
kotak Show Trace>tutup kotak dialog.
14.
Sembunyikan nama titik B’’ dan D.
15. Sekarang akan dijalankan animasinya. Pastikan dulu
agar kedua slider menunjukkan nilai 0, lalu bila perlu, geser objek yang telah
dibuat dengan menggunakan Move Graphics View.
16.
Gantilah warna sesuai selera, bila diperlukan.
-->
bagus blognya pak?
BalasHapusTerimakasih, ini semacam "rumah belajar".
BalasHapus