Senin, 31 Desember 2012

Cara Mengetahui “Rahasia” Suatu Konstruksi

GeoGebra adalah perangkat lunak yang bebas digunakan (free) sehingga banyak sekali applet-applet GeoGebra yang dapat diunduh dan digunakan, baik sebagai bahan belajar maupun pembelajaran.

Sebagai contoh, saya memperoleh applet tentang konsep radian berikut ini.


Terhadap applet-applet yang dibuat oleh orang lain mungkin kita ingin mengubahnya agar menampilkan visualisasi seperti yang kita inginkan, atau bahkan mungkin pula kita ingin tahu bagaimana cara membuat applet tersebut langkah demi langkah.

Semula saya belum tahu cara membuat applet di atas, tetapi kemudian saya mengubahnya sehingga dapat menunjukkan proses pembuatannya langkah demi langkah.
Apa yang telah saya lakukan?

Mudah saja, setelah applet itu dibuka, klik kanan pada bidang grafik sehingga muncul kotak dialog berikut ini.


Klik tab Preferences – Graphics lalu pada pilihan Navigation Bar or Construction Steps centanglah kotak Show.
Kotak Play button dapat dicentang bila ingin urutan nomor dari tiap langkah ditampilkan.
Kotak Button to open construction protocol dapat dicentang bila ingin daftar dari semua aturan konstruksi (construction protocol) ditampilkan.

Nah, setelah selesai tutuplah kotak dialog, maka akan tampak tampilan berupa tombol-tombol pada bagian bawah bidang grafik sebagai berikut.


Demikian semoga bermanfaat!

-->

1 komentar:

  1. itu, bagaimana membuat tombol pause dan lanjutnya di situ mas? saya mohon bantuannya

    BalasHapus

520097_MizunoUSA.com! Shop Mizuno Running! Never Settle!