Sabtu, 22 Desember 2012

Menggunakan Perintah (Command) pada Kotak Input

Selain menggunakan mouse dan alat-alat dalam toolbar:




objek-objek seperti titik, garis, ruas garis, lingkaran, dan yang lainnya dapat pula dibuat dengan menggunakan perintah (command) yang dituliskan pada kotak Input:

Sebagai contoh, berikut ini adalah konstruksi segitiga sama sisi yang dibuat dengan menggunakan perintah pada kotak input.

 

Petunjuk:
1.        Buka GeoGebra, tampilkan Algebra view dan sumbu koordinat.
2.      Pada kotak Input, tulislah A=(1,1) lalu tekan ENTER. Ulangi lagi dengan menuliskan B=(5,1).
3.      Buatlah ruas garis AB dengan menuliskan segment[A, B].
4.    Buatlah lingkaran yang berpusat di A dan melalui B dengan menuliskan circle[A, B] lalu buat lagi lingkaran yang berpusat di B dan melalui A dengan menuliskan circle[B, A].
5.      Tentukan titik potong kedua lingkaran dengan menuliskan intersect[c, d].
Nama c dan d adalah nama yang diberikan oleh GeoGebra untuk kedua lingkaran tersebut (lihat pada jendela Aljabar). Nama-nama seperti ini secara bawaan diberikan kepada setiap objek dalam GeoGebra.
6.      Buatlah segitiga ABC dengan menuliskan polygon[A, B, C].
7.      Pada titik D, klik kanan lalu pilih Show Object, bila ingin menghapusnya.


-->


Perintah (Keyboard Command) GeoGebra
Hampir semua alat konstruksi pada toolbar GeoGebra memiliki fungsi yang setara dengan keyboard command. Perintah-perintah ini dapat ditemukan dalam jendela Input Help. Jendela ini dapat ditampilkan dengan mengklik panah di sebelah kanan kotak Input.
Perintah tertentu dapat dipilih dalam jendela tersebut. Sebagai contoh, jika ingin mengetahui faktor persekutuan terbesar (Greatest Common Divisor, GCD) dari dua atau lebih bilangan maka perintah untuk itu dapat dipilih dari jendela bantuan atau langsung saja tuliskan “GCD” pada kotak Input, secara otomatis Geogebra akan menampilkan perintahnya yang berbentuk sintaks GCD[<Number>, <Number> ] dan GCD[<List of Numbers> ].
Dalam GeoGebra, satu perintah keyboard mungkin memiliki lebih dari satu sintaks, seperti tampak pada contoh GCD di atas. 


-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

520097_MizunoUSA.com! Shop Mizuno Running! Never Settle!