Sabtu, 29 Desember 2012

Workshop 1 – Pengenalan dan Pemasangan GeoGebra

Latar belakang informasi mengenai GeoGebra
GeoGebra adalah perangkat lunak matematika yang dinamis yang menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus untuk sekolah.
Di satu sisi, GeoGebra adalah sistem geometri interaktif. Anda dapat membuat konstruksi dengan titik, vektor, ruas garis (segmen), garis, dan irisan kerucut serta fungsi kemudian mengubahnya menjadi dinamis.
Di sisi lain, persamaan dan koordinat dapat dimasukkan secara langsung. Dengan demikian GeoGebra memiliki kemampuan untuk menangani variabel yang berhubungan dengan bilangan, vektor, dan titik; menemukan turunan dan integral fungsi dan menyediakan perintah seperti menarik akar atau menentukan titik sudut.
Dua pandangan berikut ini menggambarkan karakteristik dari GeoGebra: suatu pernyataan (ekspresi) dalam jendela aljabar bersesuaian dengan objek dalam jendela geometri dan begitu pun sebaliknya.

Antarmuka Pengguna Geogebra
Antarmuka pengguna (user interface) GeoGebra terdiri dari jendela grafis dan jendela aljabar. Pada jendela grafis Anda dapat mengoperasikan alat-alat (tools) geometri yang disediakan dengan menggunakan mouse ketika membuat konstruksi geometris pada bidang gambar. Pada jendela aljabar Anda dapat langsung memasukkan input aljabar, perintah, dan fungsi ke dalam kotak input dengan menggunakan keyboard. Gambaran grafis dari semua objek ditampilkan dalam jendela grafis sedangkan gambaran nilai (numerik) aljabar ditampilkan dalam jendela aljabar.

Antarmuka pengguna GeoGebra bersifat luwes (fleksible) dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Jika Anda akan menggunakan GeoGebra di sekolah menengah pertama, Anda mungkin akan menyembunyikan jendela aljabar, kotak input, dan sumbu koordinat dan hanya bekerja dengan bidang gambar dan alat-alat geometri. Kemudian, Anda mungkin akan memperkenalkan sistem koordinat dengan menggunakan petak-petak (grid) untuk memudahkan dalam bekerja dengan koordinat bilangan bulat. Di sekolah menengah atas, Anda mungkin akan menggunakan input aljabar untuk membimbing siswa Anda melalui aljabar dalam mempelajari kalkulus.

Pemasangan (Instalasi) GeoGebra dan Penyimpanan Hasil Kerja (Workshop Files)

Persiapan
Buatlah folder baru, misalnya dinamai Pengantar GeoGebra, pada desktop Anda.
Petunjuk:
Selama bekerja, simpanlah semua file ke dalam folder ini sehingga mudah untuk menemukannya di kemudian hari.

Pemasangan melalui akses internet
Buka browser internet Anda lalu kunjungi www.geogebra.org/webstart. Klik tombol GeoGebra WebStart.
Catatan:
Perangkat lunak secara otomatis akan terpasang pada komputer Anda. Anda perlu menegaskan (confirm) semua pesan yang mungkin muncul dengan OK atau YES.

Petunjuk:
Menggunakan WebStart GeoGebra memiliki beberapa keunggulan untuk Anda asalkan Anda memiliki koneksi internet yang tersedia untuk pemasangan awal:
o   Anda tidak harus berurusan dengan file yang berbeda karena GeoGebra terpasang secara otomatis pada komputer Anda.
o   Anda tidak perlu memiliki izin khusus pengguna untuk menggunakan WebStart GeoGebra, yang sangat berguna untuk
     laboratorium komputer dan komputer laptop di sekolah.
o   Setelah GeoGebra WebStart terpasang Anda dapat menggunakan software luring (luar jaringan, offline) juga.
o   Asalkan Anda memiliki koneksi internet, setelah instalasi awal, WebStart GeoGebra secara berkala memeriksa
     pembaruan (updates) yang tersedia dan memasangnya secara otomatis. Dengan demikian, Anda selalu bekerja dengan
     versi terbaru dari GeoGebra.

Unduh (download) file workshop berbentuk zip dari www.geogebra.org/book/intro-en.zip dan simpanlah pada folder Pengantar GeoGebra tadi, kemudian ekstrak file tersebut.

Pemasangan tanpa melalui akses internet
Presenter workshop menyediakan file-file installer GeoGebra melalui drive USB atau CD. Salin file installer dari perangkat penyimpanan ke dalam folder Pengantar GeoGebra yang Anda buat.
Untuk memasang perangkat lunak, klik dua kali file installer GeoGebra dan ikuti petunjuk dari asisten installer.
Petunjuk:
Pastikan Anda memiliki versi yang sesuai dengan sistem operasi Anda.

-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

520097_MizunoUSA.com! Shop Mizuno Running! Never Settle!